HIMIPOL

HIMIPOL

Sunday 21 December 2014

4 SAHABAT SAMA KASTA


          Kisah ini menceritakan empat orang sahabat yang mempunyai banyak perbedaan dan mempunyai mimpi-mimpi yang besar dalam merajut impian. Cerita ini adalah kisah nyata saya sebagai penulis dan tiga orang sahabat saya sebut saja kalong satu itu yanggi , kalong 2 hartopo , kalong tiga eko. Kami termasuk pelajar di sma dan smk negri di kota lemang alias tebing tinggi.
          Nah , udah kenal sama pemeran !! sekarang saya mulai memperkenalkan watak pemeran hehe kalau yang ini sedikit agak kepo mungkin ya ? pertama itu Eko faisal saya salut dengan beliau ini , dia termasuk siswa berpengaruh di kanca pelajar tebing tinggi, punya semangat yang kuat , keyakinan dan mental setebal baja ( agak kepo dikit ). Yang kedua itu yanggi , salah satu siswa berprestasi di kelas di sma negri di tebing tinggi , punya rasa pengetahuan yang kuat . punya kemauan yg hebat , tapi kadang sedikit lebay juga sih haha. Yang ketiga itu Hartopo , sahabat ane yang ini nih orangnya penyabar jago berorasi kepemimpinannya itu bagus , bermental baja tapi orangnya pemalu gitu lah. Nah , aktor utama nya sekarang , siapa lagi kalau penulis Andika Pratama , saya tidak mau menilai diri saya karna kalau saya disuruh menilai diri saya ? ya , saya enggak tega sendiri.Bingung sih mau mulai dari mana hehe , yaudah deh mari dengarkan cerita 4 SAHABAT SAMA KASTA.

4 SAHABAT SAMA KASTA
          Diawali dengan gue yang beranjak dewasa eh bukan dewasa sih masih remaja yang udah berjalan kedewasa “ribet bener ya” dan keempat sahabat gue yang awalnya belum gue kenal. Awal gue masuk sma itu berteman sama geng sebut aja the lost boys ciee mirip film MIKA haha ya gue salah satu penyuka dan termasuk fans dari film-dilm Vino G. Bastian. Lanjut , gue masuk di sma negri 4 tebing tinggi . tau lah anak remaja masih labil , masih suka cabut , suka masuk BP dan kenakalan lainnya.
          Nah , kalau ketiga sahabat gue itu masuk di sma dan smk negri juga , hartopo di sma negri 2 , yanggi di sma negri 3 , dan eko di smk negri 3 tebing tinggi. Ya gue kurang tau banyak apa yang mereka lakukan pada awal masuk ke sma ? Gue gak mau di bilang kepo aja. Tapi ya setau gue itu si yanggi orangnya pendiam susah bersosial hampir jadi manusia antisosial haha , kalau eko -playboy sekolah yang gak tampan-tampan banget sih , karena di sekolahnya prianya minoritas aja mungkin jadi bisa dia menjadi playboy sekolah. Nah , kalau pak hartopo saya kurang tau nih jalan cerita nya ? ada inspirasi gak hehe yang penulis siapa yg di tanyak siapa ! kalau hartopo awal masuk sma itu masih lugu masih pemalu masih suka jail lah jail-jail anak smp gitu lah , manjat-manjat dinding dan lain-lain.

          Kembali ke penulis , seiring berjalannya waktu kebandelan gue sampai kepuncaknya , bayangin aja anak sekolah bawak petasan setengah kilo ? gak terbayangkan ? sama juga seperti gue. Gue dan kawan sekelas gue kedapatan membawa itu ! haduh , gue kira itu akhir dari semua perjalanan gue sebagai palajar ! eh ternyata malah gue berjumpa sama guru yang ada ikatan saudara gue selamat dah gue , walau sedikit malu.
          Gue pun mulai ingin bertaubat kejalan yg bener ! huh waktu gue sholat di masjid dekat rumah dengan hartopo  ! oh ya , hartopo ini juga tetanggaan sama gue. Dia nawarin buat masuk satu organisasi yang namanya MSO , gue bingung nih , perasaannya kayak di tembak sama cewek mau jawab iya bingung jawab gak mau segan. Dan gue putusin deh untuk ikut bergabung. Awalnya gue bingung apa itu MSO yang gue tau MSO itu makanan yang sering di pinggir jalan yang kawannya tahu isi sama bakwan ? jadi laper gue. Dan gue di pertemukan sama pembinanya yaitu kak Kurnia Rahman. Awalnya gue ragu-ragu anak sma lah, soalnya orangnya ramah gitu lah sehingga buat antara yakin dan tidak yakin untuk bergabung. Dan akhirnya gue juga ikut bergabung.
          Next , gue dapet sms dari hartopo kalau di sekretariat MSO ada acara gue lupa acara apa kemarin itu. Yg jelas acara ngumpul-ngumpul gitu. Dan ketemu lah gue sama dua orang sahabat gue yg belum gue kenal Eko dan Yanggi. Kalau si Eko udah lumayan kenal karena pernah satu smp dulu , nah kalau yanggi belum tau gue asal usul , bebet bobotnya.
          Gue pun berkenalan dengan yanggi belum dekat sih tapi rela bagi-bagi ! eh bukan iklan. Bagi tempat duduk maksudnya. Dan dalam acara itu ternyata ada forum dan gue di amanah kan menjadi kordinator untuk sekolah gue. Mana gue tau , masuk aja baru ! dengan sangat terpaksa gue terima amanah itu. Dan gue di tugaskan untuk mengajak teman gue yang lain untuk bergabung ke MSO. Gue masih bingung MSO itu apa? Dan setelah gue sharing ternyata MSO itu Moeslim Student Organization , itu toh .
Gue pun mulai aktif di berbagai kegiatan MSO , dan semakin dekat dengan ketiga sahabat gue tadi. Dan gue mulai menemukan jati diri gue sbenernya. Berteman dengan orang-orang yang gue bilang sholeh karena agama bagi mereka nomor satu.
          Setelah beberapa bulan kami berteman dekat , kami mulai suka bersama berempat kemana-mana bahkan hampir setiap hari tuh kami di sekretariat MSO. Jalan bersama , berjuang bersama , makan bersama dan bersama lainnya lagi.
          Dan jika kami berkumpul yang paling di zholimi itu eko , kenapa ? ya jelas orangnya takut geli , ya kalau kami iseng kami ganggu. Dan kalau mau pulang yang terdzholimi itu yanggi , karena rumahnya paling jauh.
          Kami paling suka kumpul waktu malam libur , diskusi sambil minum TST tau gak TST ? search aja di google. Kadang dalam diskusi kami menyangkut masa depan , contohnya eko ingin masuk HI UNDIP , yanggi ingin masuk Psikologi UNAND , hartopo ingin masuk STAN dan gue ? kita lihat aja nanti hehe.
          Kadang juga diskusi kami terasa bosen... kenapa ? ya jelas kadang tuh berdebat hal yang gak penting misalnya mati lampu ! apa urusannya anak sma sama PLN ? dan listrik padam ? gak habis fikir gue.
          Tapi dalam setiap diskusi kami , kami punya impian disuatu hari nanti jika kami sukses kami akan membangun dan memajukan kota lemang ini.
          Kembali lagi ke kami berempat , yang paling gue suka itu kalau lagi kumpul bareng , biasalah kumpul anak muda . yang paling sering di bayarin itu gue haha.. gue gak berharap dibayarin sih sebenarnya tapi karna mereka memaksa ya gue gak bisa nolak. Tapi gue gak niat untuk di bayarin loh , bener dah ! sekali lagi karena dipaksa.
          Walaupun tingkah kami berempat ini lain daripada manusia sewajarnya , tapi kami punya kebersamaan yang erat , punya rasa persahabatan yang kuat , dan yang penting mental kami yang ingin kami asa selalu untuk menjadi pemuda yang dapat menjadi agen perubahan di masyarakat.
          Hal yang perlu teman ketahui , janagn takut untuk tersenyum , jangan takut untuk berucap dan jangan takut untuk mengenal sesorang , orang baru yang anda kenal dengan baik , akan berbalik ke anda pula. Sahabat itu bukan seberapa lama anda bersama , sama juga bukan selalu terkait dengan tempat anda curhat! Sahabat adalah orang yang bisa menjadi diri anda , sahabat adalah orang yang bisa membuat anda lebih baik , sahabat adalah orang yang ada disaat anda bersedih dan siap untuk membuat anda tersenyum.
          Kisah ini adalah cuplikan kecil cerita sahabat yang ada di muka bumi ini , gue dan ketiga teman gue adalah pemuda biasa yang ingin merajut impian untuk menjadi sukses dan menjadi orang yang bisa mengabdi pada masyarakat.
THE END


Cerita pendek oleh : Andika Pratama

No comments: